Bantu Renovasi Masjid & Gedung TPA di Kampung

Terkumpul Rp 10.000 dari Rp 201.000.000

349 hari lagi

Informasi Penggalang Dana

Penggalang Dana

M Lukman Haris

M Lukman Haris

Identitas terverifikasi
Rencana penggunaan dana
Bantu Renovasi Masjid & Gedung TPA di Kampung
Bantu Renovasi Masjid & Gedung TPA di Kampung

Terkumpul Rp 10.000 dari Rp 201.000.000

349 hari lagi

Informasi Penggalang Dana

Penggalang Dana

M Lukman Haris

M Lukman Haris

Identitas terverifikasi
Rencana penggunaan dana

Cerita

Penerima dana: Masjid Al Munir Dlisem

Assalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ... Halo Orang Baik..! Perkenalkan nama saya HARIS, aktivitas saya sehari-hari selain sebagai Apoteker, saya juga sebagai Pengurus Takmir Masjid Al Munir Dlisem. Dalam kesempatan ini saya bermaksud ingin menggalang dana untuk Renovasi Pembangunan Masjid dan Gedung Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Al Munir yang berlokasi di Dsn. Dlisem, RT 011/RW003, Desa Cukil, Kec. Tengaran, Kab Semarang, Jawa Tengah. Lokasi di perkampungan yang sudah mulai padat penduduknya sehingga sangat perlu adanya sarana peribadatan dan pendidikan Al Quran yang memadai.

Masjid Al Munir yang didirikan pada tahun 1951 ini merupakan masjid tertua di dusun Dlisem, Desa Cukil, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Hingga tahun 2022, tercatat ada 200-an jamaah yang rutin beribadah di Masjid Al Munir. Selain aktivitas ibadah wajib, para jama'ah juga seringkali datang untuk mengaji, belajar Al Quran (TPA), maupun berlatih marawis.

campaign story image

Kini kondisi Masjid Al Munir cukup memprihatinkan dengan bangunan yang lapuk dimakan usia. Kusen kusen Kayu dan jendela mulai rapuh. Selain itu, bagian dalam masjid seringkali kemasukan air hujan karena beberapa titik mengalami kebocorandi bagian atapnya. Padahal masjid ini sangat penting untuk warga beribadah, tak jarang lansia dan anak-anak yang berkunjung di sana. Selain itu juga bangunan gedung untuk TPA yang kondisinya kurang layak untuk digunakan.

Selama 2 tahun terakhir kami berusaha untuk mengumpulkan dana dari masing-masing warga dusun Dlisem. Namun dana yang terkumpul masih belum memenuhi untuk melakukan renovasi yang hanya cukup untuk biaya operasional masjid. Selain itu juga keadaan ekonomi warga dusun Dlisem yang tidak mendukung karena rata rata mata pencahariannya sebagai petani, dan buruh.

campaign story image

Kami membutuhkan setidaknya dana sebesar Rp 890.000.000 untuk melakukan renovasi masjid Al Munir dan Renovasi Bangunan Taman Pendidikan Al Qur’an. Dengan perincian sebagai berikut : Renovasi bangunan Masjid : 160m2 x Rp.3.000.000 = Rp. 480.000.000 Tempat Wudhu / Toilet : 25m2 x Rp.2.000.000 = Rp. 50.000.000 Renovasi gedung TPA : 70m2 x Rp.3.000.000 = Rp. 210.000.000 Paving blok halaman masjid : 250m2 x Rp.300.000 = Rp. 75.000.000 Pemasangan Kanopi halaman masjud : 250m2 x Rp.300.000 = Rp. 75.000.000

Dengan profesi warga yang rata-rata adalah petani dan buruh pabrik, tentu cukup sulit bagi kami untuk merenovasi masjid yang layak. Sehingga warga dusun Dlisem hanya bisa bertahan dengan masjid yang sudah tua. Warga berharap agar kelak Masjid Al-Munir dapat diperbaiki dan mereka bisa beribadah dengan khusyuk tanpa cemas. Serta adanya Gedung TPA untuk dijadikan pusat pembelajaran Al Qur’an. Oleh sebab itu, kami membutuhkan bantuan semua orang agar renovasi pembangunan Masjid Al-Munir dan gedung TPA dapat segera terlaksana.


Kabar Terbaru
Sedang memuat
...

Do'a-Do'a #SobatBerkat
Sedang memuat
...

Relawan GANA

Relawan GANA adalah pertolongan dalam bentuk pengumpulan dana dari galang dana yang sudah ada. Yuk menjadi Relawan GANA dari galang dana ini!

Sedang memuat
...

Relawan Jasa

Relawan Jasa adalah pertolongan dalam bentuk aktifitas update kabar terbaru dari galang dana yang sudah ada. Yuk bantu galang dana ini!

Sedang memuat
...

Donatur
Sedang memuat
...

Bagikan