Sedekah untuk Taman Baca Pelosok Mentawai

Terkumpul Rp 0 dari Rp 10.000.000

47 hari lagi

Informasi Penggalang Dana

Penggalang Dana

Nurhayati

Nurhayati

organization account
Identitas terverifikasi
Rencana penggunaan dana
Sedekah untuk Taman Baca Pelosok Mentawai
Sedekah untuk Taman Baca Pelosok Mentawai

Terkumpul Rp 0 dari Rp 10.000.000

47 hari lagi

Informasi Penggalang Dana

Penggalang Dana

Nurhayati

Nurhayati

organization account
Identitas terverifikasi
Rencana penggunaan dana

Cerita

Penerima dana: Taman Baca Puagaijat

Saya adalah salah satu mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di salah satu kampus di Sumatra Barat dan berasal dari Dusun Salappak. peran saya dalam penggalangan dana ini sebagai penanggung jawab taman baca sekaligus pendiri dan pengurus Taman baca Mandiri Pugaijat (TBM Puagaijat) ini


1. Identitas Taman Baca Nama Taman Baca : Taman Baca Puagaijat Berdiri : 15 Februari 2021 Alamat : Dusun Salappak, Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

2. SASARAN

a. Siswa/Siswi Dusun Salappak, Dusun Bekkeiluk, Dusun Magosi

b. Warga Dusun Salappak, Warga Dusun Magosi, dan Warga Dusun Bekkeiluk .

3. PENGATURAN OPERASIONAL TAMAN BACA

a. Untuk mekanisme pengelolan taman baca akan buka setiap hari Sabtu pukul 13:00-17:00 WIB

b. Khusus untuk hari minggu/libur nasional akan buka mulai pukul 14:00- 17.00 WIB. Mengingat untuk saat ini pengurus memiliki aktivitas lainnya.

campaign story imageTaman Baca Puagaijat adalah Taman Baca yang terletak di pedalaman Pulau Mentawai tepatnya di Dusun Salappak Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Mentawai sendiri merupakan bagian Indonesia yang masih berstatus 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) dan dusun Salappak merupakan dusun yang terletak dipelosok Mentawai. Dusun Salappak berjarak 24KM dari Ibu Kota Kecamatan dan berada ditengah-tengah antara Dusun Bekkeiluk dan Dusun Magosi yang masih merupakan wilayah administrasi Desa Muntei. Jarak tempuh yang sulit dan jauh dari Ibu Kota Kecamatan tiga Dusun tersebut tidak memiliki perpustakaan ataupun taman baca. Berawal dari keprihatinan melihat anak–anak kecil di lingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku diluar buku sekolah, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak–anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana kepada anak –anak dan remaja yang kami maksudkan tersebut. Keprihatinan juga muncul ketika melihat kenyataan bahwa sebagian besar orang tua disini adalah buruh tani yang asing dengan dunia pendidikan dan berpenghasilan di bawah

pendapatan nasional rata-rata. Kemudian masih banyaknya anak-anak usia sekolah yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di lingkungan kami karena kendalah ekonomi yang tidak mencukupi. Berorientasi terhadap keadaan sosial masyarakat Dusun Salappak, Dusun Bekkeiluk, dan Dusun Magosi yang jarang berpendidikan tinggi dan pola pikir masyarakat yang tidak menganggap penting pengetahuan, maupun masih banyaknya warga yang tidak mampu menyekolahkan sampai ke jenjang lebih tinggi maka kami menganggap perlu menyajikan menu baru untuk menggugah dan mendekatkan masyarakat dengan jendela ilmu pengetahuan berupa buku. Masyarakat perlu diperhatikan dalam hal pengayaan ilmu pengetahuan karena dengan pengetahuan setidaknya masyarakat akan mengerti dan memahami hal–hal yang selama ini mereka abaikan dan anggap tidak penting menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat untuk memperbaiki pola pikir serta taraf hidup mereka.

Kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah memgumpulkan donasi-donasi berupa uang dan buku yang dilakukan melalui penyebaran flyer. Dari beberapa usaha tersebut yang agak berhasil adalah donasi buku.

campaign story imagePerkiraan biaya yang dibutuhkan sebanyak 10.000.000 7.000.000 untuk renovasi meliputi pembuatan rak pustaka yang rusak, mengganti papan-papan pustaka yang lapuk dan dimakan rayap, dan penggantian atap yang bocor. (karena atap dari daun sagu, maka biasanya kita menyewah orang untuk membuatnya), 2.000.000 upah tukang, 1.000.000 pegangan.

Karena papan-papan taman baca yang mulai rapuk maka kami sangat mengkhwatirka mengakibatkan adanya korban apalagi pengunjung kami rata-rata anak-anak sekolah dasar. Kami juga menghwatirkan atap yang rusak bisa merusak buku kami yang tidak seberapa ketika terjadinya hujan lebat.


Kabar Terbaru
Sedang memuat
...

Do'a-Do'a #OrangTulus
Sedang memuat
...

Relawan GANA

Relawan GANA adalah pertolongan dalam bentuk pengumpulan dana dari galang dana yang sudah ada. Yuk menjadi Relawan GANA dari galang dana ini!

Sedang memuat
...

Relawan Jasa

Relawan Jasa adalah pertolongan dalam bentuk aktifitas update kabar terbaru dari galang dana yang sudah ada. Yuk bantu galang dana ini!

Sedang memuat
...

Donatur
Sedang memuat
...

Bagikan