Rumahberkat.com dikelola oleh PT. Rakhasa Artha Wisesa (“PTRAW”) bekerjasama dengan Yayasan Rumah Berkat Bersama (“YRBB”) dalam menyediakan berbagai layanan Penggalangan Dana (Donasi) secara daring kepada pengguna baik, melalui situs web maupun aplikasi mobile dan telah memiliki Tanda Daftar Yayasan, Izin kegiatan Yayasan, dan izin Pengumpulan Uang dan Barang (PUB)

Kategori Galang Dana Yang Ada Di Rumah Berkat :

  • Bantuan Medis & Kesehatan, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk bantuan pengobatan pasien dengan penyakit kronis dan pendampingan pasien.
  • Bantuan Pendidikan, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk bantuan pendidikan pelajar yang kurang atau tidak mampu, media penunjang pembelajaran atau renovasi bangunan sekolah.
  • Lingkungan, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk program perbaikan lingkungan dan pelestarian alam.
  • Kegiatan Sosial, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk menyelenggarakan kegiatan sosial untuk kepentingan masyarakat banyak.
  • Difabel, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk membantu penyandang disabilitas.
  • Infrastruktur Umum, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk perbaikan sejumlah infrastruktur umum yang rusak.
  • Karya Kreatif & Modal Usaha, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk pengembangan ide kreatif dan model usaha yang inovatif.
  • Menolong Hewan, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk biaya pengobatan atau penyelamatan hewan terlantar.
  • Bencana Alam, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk korban bencana alam yang akan dialokasikan ke berbagai kebutuhan korban terdampak.
  • Rumah Ibadah, di rumahberkat.com Anda dapat mengajukan penggalangan dana untuk renovasi maupun rehabilitasi rumah ibadah.

Rumahberkat.com adalah situs web yang mempertemukan penggalang dana dan para dermawan untuk saling membantu meringankan beban, sehingga penggalang dana dapat dengan mudah menggalang dana secara online dan donatur dapat memberikan bantuan kapanpun dan dimanapun.

Siapapun yang membutuhkan bantuan, mulai dari Individu, Organisasi dan/atau Lembaga Berbadan Hukum semua dapat membuat Kotak Gana atau melakukan penggalangan dana online di Rumah Berkat. Baca: Ketentuan Pembuatan dan Pengelolaan Akun

Rumah Berkat tidak memungut biaya administrasi untuk pendaftar atau pembuatan akun penggalangan dana ("Kotak Gana").

Rumah Berkat mengenakan biaya administrasi penyedia aplikasi sebesar 5 (lima) % dari donasi yang terkumpul melalui platform Rumah Berkat, adapula biaya operasional oleh Mitra Bank dan dompet elektronik yang digunakan sebagai metode pembayaran dan besarannya diatur masing-masing Mitra Bank. 

Untuk Kategori Bencana Alam tidak sama sekali dikenakan biaya administrasi penyedia aplikasi, dalam artiannya bahwa seluruh donasi yang terkumpul (100%) akan langsung disalurkan ke individu atau organisasi yang menggalang dana.  

Langkah-langkah untuk mendaftar akun Rumah Berkat melalui Situs dan/atau Aplikasi Rumah Berkat:

  1. Kunjungi situs dan/atau Aplikasi Rumah Berkat
  2. Pilih tombol "Daftar" di pojok kanan atas.
  3. Pilih jenis akun yang ingin didaftarkan, "Daftar Sebagai Individu" atau "Daftar Sebagai Organisasi". (Baca: Perbedaan akun Individu dan akun Organisasi)
  4. Masukan informasi data diri dan password.
  5. Jangan lupa baca dan centang kotak Syarat dan Ketentuan.
  6. Dan terakhir pilih tombol "Register".
  7. Silahkan untuk cek e-mail untuk verifikasi e-mail dan.
  8. Verifikasi nomor handphone dengan OTP yang akan dikirimkan Rumah Berkat kepada nomor Anda yang didaftarkan.
  9. Atau, pilih "Masuk Dengan Google" ataupun "Masuk Dengan Facebook" untuk membuat akun tanpa mengisi data diri dan password.

Langkah-langkah untuk mengubah kata sandi akun melalui website dan/atau Aplikasi Rumah Berkat:

  1. Kunjungi situs dan/atau Aplikasi Rumah Berkat
  2. Pilih "Profil" di kanan atas.
  3. Klik profil yang terdapat nama Anda.
  4. Kemudian pilih "Keamanan dan Privasi" di kolom Informasi Profil
  5. Terdapat tombol "Ubah Sandi" dan Anda akan diminta memasukan alamat e-mail yang tersambung dengan akun Rumah Berkat, untuk mendapatkan kode verifikasi baru.
  6. Cek E-mail Anda dan masukan kode verifikasi lalu klik "Selanjutnya".
  7. Terakhir, buatlah kata sandi baru dan ketik ulang kata sandi di kolom yang tersedia, jika sudah selesai klik "Selanjutnya"

Perlu diperhatikan apabila anda mendaftar akun menggunakan Gmail atau Facebook, kata sandi anda otomatis mengikuti Gmail atau Facebook.

Kami menyarankan Anda menggunakan nama lengkap sesuai kartu identitas, alamat e-mail yang aktif serta nomor handphone yang digunakan saat ini, karena data diri yang Anda masukan tidak dapat diubah lagi.

Khusus Penggalang Dana yang menggunakan:

  • Akun personal wajib menyesuaikan nama akun dengan nama lengkap yang tertera di KTP, dan;
  • Akun organisasi harus menyesuaikan dengan NPWP jika ingin akun anda terverifikasi. Pastikan Anda memberikan infomasi data diri Anda dengan benar 


Langkah-langkah untuk mengubah kata sandi akun melalui website dan/atau Aplikasi Rumah Berkat:

  1. Kunjungi situs dan/atau Aplikasi Rumah Berkat
  2. Pilih "Profil" di kanan atas.
  3. Klik profil yang terdapat nama Anda.
  4. Kemudian di kolom Informasi Dasar, Anda akan menemukan tombol "Pilih Foto", Klik dan pilihlah foto yang Anda inginkan.
  • Perlu diperhatikan besar file maksimal adalah 10 MB. Ekstensi file yang diperbolehkan adalah PNG, JPG, JPEG.

Tidak, Anda dapat langsung berdonasi tanpa harus mendaftar atau login akun Rumah Berkat, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka situs web www.rumahberkat.com.
  2. Pilih Kotak Gana yang ingin Anda berikan donasi.
  3. Masukan nominal donasi yang diinginkan dan sampaikan doa atau harapan untuk penggalang dana di kolom "Tulis Doa Kamu", lalu klik "Selanjutnya".
  4. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman data diri, tahap ini bersifat opsional dan Anda bisa langsung klik "Selanjutnya".
  5. Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan, dan selesaikan pembayaran dalam waktu yang ditentukan. 

Penonaktifan, Pemutusan dan Penghapusan Akun

  1. Pengguna platform Rumah Berkat berhak untuk mengajukan permohonan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun serta data pribadi yang terdaftar atas namanya pada Penyedia Platform dengan mengirim permintaan melalui email [email protected] dengan memberikan alasan terkait penonaktifan Akun apabila melalui situs Rumah Berkat;
  2. Kami menyarankan Anda untuk mengajukan permohonan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan akun melalui Aplikasi Rumah Berkat yang tersedia di Android maupun iOS.
  3. Penyedia platform berhak untuk melakukan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dan data pribadi dari Pengguna Platform apabila terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan dari Rumah Berkat.

Perlu diketahui: Jika ada Kotak Gana yang sedang berjalan, maka user sebagai penggalang dana tidak bisa mengajukan penghapusan akun. Tetapi jika Kotak Gana yang dibuat user telah selesai, maka user dapat mengajukan permohonan penghapusan akun tetapi Kotak Gana tetap ada dan berstatus selesai / finish dengan keterangan This user has been closed

Rumah Berkat berkomitmen untuk menjaga data & privasi penggunanya. Namun, sebagai pengguna, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk menjaga keamanan akun Rumah Berkat :

  1. Jangan pernah membagikan password dan OTP kepada siapapun termasuk pihak-pihak yang mengatasnamakan Rumah Berkat.
  2. Jika Anda dihubungi oleh pihak-pihak mencurigakan yang mengatasnamakan Rumah Berkat baik melalui WhatsApp, email, atau pun channel lainnya segera laporkan kepada pihak Rumah Berkat.

Akun Anda dapat terverifikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Verifikasi Akun
  2. Verifikasi Identitas
  3. Verifikasi Medis
  4. Verifikasi Non-Medis

Dokumen yang harus Anda siapkan yaitu, sebagai berikut :

A. Verifikasi Akun

Dilakukan baik akun individu atau organisasi atas nama yayasan sebagai salah satu syarat membuat Kotak Gana di Rumah Berkat dengan memberikan informasi mengenai data diri / data organisasi dengan benar, dengan melakukan verifikasi, sebagai berikut:

  • Verifikasi Email Pengguna
  • Verifikasi Nomor Handphone

Pastikan Anda memberikan data yang akurat dan benar.

B. Verifikasi Identitas

Data dan dokumen yang diminta pada saat proses Verifikasi Identitas adalah sebagai berikut:

  • AKUN ATAS NAMA LEMBAGA :
  1. KTP/SIM/PASPOR Pemegang Akun;
  2. NPWP atas nama lembaga;
  3. Akta Notaris beserta SK Kemenkumham;
  4. Swafoto (selfie) dengan KTP dengan NPWP Yayasan;
  5. Nomor Seluler dan email Penanggung Jawab;
  6. Nomor Rekening atas nama lembaga atau Penerima Dana;
  7. Bentuk verifikasi lain sesuai dengan jenis dan kategori Kotak Gana;
  8. Berkas pendukung tambahan (apabila ada);
  • AKUN ATAS NAMA INDIVIDU :

Perseorangan yang telah dinyatakan cakap hukum atau yang memenuhi batas usia dewasa berusia 17 tahun atau di antara usia 13 sampai 16 disertai pengawasan orangtua/wali. Dokumen yang wajib disampaikan dan diunggah melalui platform Rumahberkat.com sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  2. Foto Diri (selfie) dengan menunjukkan identitas KTP & NPWP;
  3. Nomor Seluler dan Email;
  4. Nomor rekening;
  5. Bentuk verifikasi lain sesuai dengan jenis dan kategori Kotak Gana;
  6. Berkas pendukung tambahan (apabila ada).

C. Verifikasi Medis

Proses verifikasi medis dilakukan jika Anda menggalang dana di kategori Bantuan Medis dan Kesehatan, Anda harus melampirkan beberapa berkas sesuai dengan tipe dan tujuan galang dana, adapun dokumen yang diminta pada saat proses verifikasi medis adalah sebagai berikut:

  • Foto Resume Medis (contoh dokumen medis);
  • Foto Kartu Keluarga penerima manfaat.

D. Verifikasi Non-Medis

Proses verifikasi non-medis dilakukan jika Anda menggalang dana di kategori selain Bantuan Medis dan Kesehatan, Anda harus melampirkan dokumen tambahan sebagai salah satu persyaratan, dan dilakukan saat maupun sebelum pencairan galang dana dilakukan. Adapun data yang diperlukan untuk menjadi dokumen tambahan pada galang dana non-medis, yaitu:

  • Struktur organisasi/kepengurusan;
  • Surat keterangan dari pejabat setempat (setingkat kelurahan);
  • Rencana anggaran belanja;
  • Berkas lainnya menyesuaikan dengan tujuan galang dana;

Akun yang sudah verifikasi bertanggung jawab atas semua informasi mengenai kebenaran isi cerita dalam sebuah Kotak Gana yang dibuatnya.

Perlu diperhatikan : Apabila terdapat Lembaga yang belum memiliki dokumen organisasi berbadan hukum akan dianggap sebagai akun pribadi.

Agar suatu Kotak Gana terverifikasi, penggalang dana wajib memenuhi langkah-langkah dibawah ini:
1. Pastikan Anda sudah melakukan ketentuan Verifikasi :
  • Verifikasi Akun
  • Verifikasi Identitas
  • Verifikasi Medis atau Non-Medis
2. Melengkapi Form yang telah disediakan oleh Rumah Berkat. Seperti melengkapi
  • Data Penerima Dana
  • Tujuan Penggalangan Dana
  • Target Donasi yang diharapkan
  • Isi cerita, dan Lain-lain
3. Setelah Anda mengisi data dan memberikan informasi dengan benar, Anda akan dihubungi pihak Rumah Berkat untuk wawancara via telepon, tidak menutup kemungkinan pihak tim Rumah Berkat meminta dokumen pendukung.
4. Tim Rumah Berkat akan melakukan pengecekan untuk memastikan keaslian cerita dari pihak yang mengajukan Penggalangan Dana (Kotak Gana).
5. Anda akan mendapatkan informasi dari Tim Rumah Berkat apakah campagin Anda disetujui atau ditolak.

Kami akan mengirimkan e-mail pemberitahuan bahwa akunmu berhasil terverifikasi, dan pada halaman Galang Dana tepat dibawah nama akun Anda akan tertera "Identitas Terverifikasi" sebagai informasi penggalang dana terpercaya.

Syarat untuk verifikasi pencairan dana sebagai berikut

  • Pastikan akun Anda sudah terverifikasi.
  • Pastikan Kotak Gana Anda sudah mempunyai donatur (minimal 1 donatur).
  • Minimal donasi yang terkumpul adalah Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah);

Pencairan dapat dilakukan dengan cara yaitu:

1. Rekening milik penggalang dana itu sendiri, proses pencairan dana dapat dilakukan apabila:

  • Akun Individu: penggalang dana merupakan penerima manfaat dan/atau keluarga inti penerima manfaat.
  • Akun Lembaga/Organisasi: pemilik rekening merupakan pengurus, atau rekening organisasi untuk penggalang dana yang terverifikasi.

2. Rekening pihak ketiga proses pencairan dana dapat dilakukan apabila Penerima Manfaat baik individu atau lembaga atas nama yayasan sudah melakukan verifikasi Penerima Dana.

Donasi yang ada dalam penggalangan dana (Kotak Gana) dapat dialihkan sekali waktu kepada pihak lain, dengan adanya kesepakatan antara penggalang dana, Rumah Berkat atau penerima manfaat, hal tersebut terjadi jika:

  1. Penerima manfaat yang mendapatkan bantuan dari galang dana telah meninggal dunia;
  2. Penerima manfaat yang mendapatkan bantuan dari galang dana telah sembuh atau menolak mendapatkan santunan;
  3. Dana donasi melebihi target yang direncanakan, sebagian dana donasi yang lebih tersebut dapat diberikan kepada pihak lain;
  4. Penggalang dana terbukti menggunakan sebagian atau seluruh dana donasi tanpa persetujuan penerima manfaat yang bersangkutan;
  5. Status penggalang dana sedang menjalani proses hukum dengan pihak yang berwajib;
  6. Kondisi tertentu yang menurut Kami diperlukan pengalihan dana donasi.

Perlu Diperhatikan bahwa kami berhak menolak pencairan, menyarankan pilihan pencairan dan mengubah secara sepihak pilihan rekening yang sudah terverifikasi (apabila ditemukan melakukan perbuatan yang melanggar syarat dan ketentuan Kami). Penolakan, saran, atau perubahan rekening pencairan. Perlu kami sampaikan kembali bahwa sebagai penggalang dana bertanggung jawab atas seluruh informasi yang disampaikan sesuai dengan yang tertera pada halaman galang dana. Setelah donasi disalurkan kepada rekening penerima manfaat, diwajibkan untuk memberikan laporan penggunaan dana yang nantinya.

Rumah Berkat menggunakan istilah Kotak Gana sebagai pengganti istilah penggalangan dana atau campaign.

Kotak Gana adalah perantara antara penggalang dana dengan donatur untuk memudahkan masyarakat dalam aktivitas menggalang dana serta aktivitas berdonasi.

Kotak Gana adalah aktivitas yang dilakukan oleh pengguna sesuai dengan fitur/layanan yang disediakan di dalam platform Rumah Berkat, termasuk namun tidak terbatas pada pengumpulan donasi dan aktivitas lainnya.

Rumah Berkat akan menyeleksi Kotak Gana yang ditampilkan di homepage atau halaman depan website maupun aplikasi berdasarkan beberapa faktor (namun tidak terbatas pada) jumlah donatur, jumlah donasi, jumlah pengunjung, status verifikasi, dsb.

Badge perisai biru di samping nama akun Anda menandakan kalau akun Anda sudah terverifikasi.

Sebelum Anda melakukan penggalangan dana, perlu diketahui berikut adalah daftar dokumen yang harus Anda siapkan untuk memulai Kotak Gana, seperti:

  • KTP Penggalang Dana
  • Kartu Keluarga pasien
  • Jika pasien belum ada di KK, sertakan Akta/Surat Keterangan Lahir
  • Surat Keterangan Medis dengan keterangan diagnosis/penyakit, klik Lihat contoh dokumen medis untuk mengetahui contoh dokumen terkait.
  • Hasil pemeriksaan (lab, rontgen, dsb.)

Pada setiap tahap pengunggahan dokumen, Anda dapat klik "Contoh Dokumen" untuk melihat panduan.

Berikut adalah panduan cara menggalang dana di Rumah Berkat :

1. Klik "Galang Dana Sekarang" di bagian atas, tombol "Galang Dana", atau navigation bar "Galang Dana".

2. Klik "Galang Dana Orang Sakit".

3. Pada tahap ini, Anda akan menjawab sejumlah informasi mengenai Tujuan Donasi, Detail Pasien Penerima Manfaat, Riwayat Medis Pasien, Target Donasi yang diinginkan, Judul Penggalangan Dana, Cerita atau kronologi penggalangan dana dan Ajakan untuk mempromosikan Kotak Gana Anda.

4. Pada tahap "Tujuan Donasi", informasi mengenai siapa penerima manfaat akan dibedakan pada 4 pilihan. Pilih "Saya Sendiri" jika Anda adalah orang yang membutuhkan donasi, pilih "Keluarga yang satu KK dengan saya" jika penerima donasi adalah keluarga yang satu kartu keluarga dengan Anda, pilih "Keluarga inti (ayah/ibu/kakak/adik/anak) yang sudah pisah KK dengan saya" jika penerima manfaat adalah keluarga yang pernah satu Kartu Keluarga namun saat ini sudah pisah, dan pilih "Selain pilihan di atas" jika penerima manfaat tidak pernah satu Kartu Keluarga dengan Anda. Klik "Konfirmasi" untuk melanjutkan.

5. Masih di Tujuan Donasi, Anda akan diminta mengisikan nama pasien, masukan nomor ponsel penggalang dana, nomor ponsel pasien / keluarga pasien dan pilihan rekening siapa yang akan di daftarkan sebagai rekening pencarian dana, rekening pencarian dana bisa milik pasien langsung, keluarga satu Kartu Keluarga (KK), Keluarga yang berada di KK berbeda, rumah sakit atau pilihlah "Selain Pilihan di atas" jika rekening milik oranglain yang dipercaya pasien dan dapat bertanggungjawab atas donasi.

6. Selanjutnya Anda akan diminta membaca dan memberi centang pada kotak ☐ untuk bisa melanjukan ke tahap selanjutnya, klik "Saya Setuju" untuk melanjutkan.

7. Pada tahap "Detail Pasien" Anda akan diminta mengisikan nama pasien dan penyakit atau kondisi yang diderita pasien, perlu dipahami bahwa nama penyakit harus sesuai dengan dokumen medis yang dimiliki, klik "Lihat contoh nama penyakit di dokumen medis" untuk panduan penulisan nama penyakit.

8. Pada tahap "Riwayat Medis" Anda harus memasukkan riwayat penyakit pasien, seperti apakah pasien sedang menjalani rawat inap di rumah sakit, upaya pengobatan yang sedang atau telah dilakukan dan darimana sumber biaya pengobatan atau perawatan (ada dua pilihan biaya mandiri atau asuransi kesehatan).

9. Pada tahap "Target Donasi" Anda diminta menentukan perkiraan biaya yang dibutuhkan, menentukan waktu lama penggalangan dana berlangsung dan isi rencana penggunaan dana donasi yang terkumpul (untuk biaya rumah sakit, biaya operasional pasien, biaya penunjang pasien, dan biaya pendamping pasien), lalu ada option Biaya Marketing yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda

10. Tahap selanjutnya, berilah Judul Penggalangan Dana Anda dengan jelaskan apa dan siapa yang akan terbantu oleh donasi ini. Lalu Anda juga harus menambahkan foto utama untuk dijadikan cover atau thumbnail Kotak Gana Anda, pastikan foto yang dipilih sesuai dengan kriteria. Baca tips dari Rumah Berkat dalam menulis judul penggalangan dana disini.

11. Tahap selanjutnya Anda akan diminta Menceritakan Kronologi Kejadian / detail penggalangan dana yang dibutuhkan ke dalam beberapa tahap, kami menyarankan Anda menceritakan secara jujur dan detail untuk menarik lebih banyak donatur. Setiap tahap terdapat tombol klik "Lihat contoh" jika membutuhkan panduan. Tahapan cerita yang harus Anda lengkapi:

  • Ceritakan siapa dirimu dan pasien, dengan memperkenalkan diri sebagai penggalang dana dan/atau pasien yang mengalami suatu penyakit, cerita Anda haruslah diatas 10 kata.
  • Ceritakan kronologis penyakit pasien dan kondisinya dari awal pasien menderita sakit hingga kondisi terkini, dan jelaskan pula usaha apa yang telah dilakukan sejak awal hingga kini
  • Untuk meyakinkan pendonor, ceritakanlah keadaan keluarga dan lingkungan tempat tinggal pasien, dan Anda juga harus menambah foto ketika pasien beraktivitas bersama keluarganya, kedua hal tersebut bisa menjadi data pendukung untuk lebih meyakinkan donatur.
  • Ceritakan kondisi pasien setelah mengidap penyakit dan momen terberat yang dialami pasien selama sakit, di tahap ini Anda diharapkan untuk mengunggah foto pasien ketika sedang sakit.
  • Selanjutnya ceritakan jumlah biaya yang dibutuhkan dan rencana penggunaan biaya yang terkumpul, tambahkan pula alasan kenapa pasien sangat membutuhkan dana tersebut.
  • Terakhir, Anda dapat menyampaikan doa dan harapan untuk pasien dan keluarga.

12. Di akhir tahap Cerita ini, akan ditampilkan rangkuman kronologis yang telah Anda masukan, Anda masih dapat menyunting cerita di tahap ini.

13. Tahap terakhir, tuliskan ajakanmu untuk berdonasi pada pasien melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb. Baca tips dari Rumah Berkat dalam membagikan penggalangan dana Anda di medsos disini.

14. Rangkuman informasi Penggalangan Dana akan muncul di tahap terakhir, jika sudah tidak ada yang akan diubah, klik “Lanjutkan“, baca terlebih dahulu “Syarat dan Ketentuan“

Berikut ini cara menggalang dana untuk keperluan non-medis (selain kategori bantuan medis dan kesehatan):

1. Klik “Galang Dana Sekarang” di bagian atas, tombol “Galang Dana”, atau navigation bar “Galang Dana”.

2. Pilih "Galang Dana Lainnya", lalu pilih kategori yang diinginkan

3. Pada tahap ini, Anda akan menjawab sejumlah informasi mengenai Data Diri, Detail Penerima Manfaat, Rencana Biaya dan Lama Waktu galang dana yang diinginkan, Judul Penggalangan Dana, Cerita atau kronologi penggalangan dana dan Ajakan untuk mempromosikan Kotak Gana Anda.

4. Klik “Lanjutkan” untuk mengisi Data Diri Anda, berupa nama sesuai dengan KTP, nomor handphone yang bisa dihubungi, pekerjaan, nama tempat Anda bekerja / sekolah, dan sosial media yang Anda miliki.

5. Setelah mengisi data diri Anda, Anda akan diminta mengisi data informasi Penerima Manfaat, seperti penerima donasi (bisa berupa suatu tempat yang akan direnovasi, suatu penampungan hewan terlantar, suatu yayasan rumah yatim, dll), lalu tujuan atau alasan donasi diberikan dan alamat penerima donasi.

6. Jabarkan dengan detail, Rencana Biaya yang dibutuhkan dan lama waktu penggalangan dana dilakukan, Anda juga akan diminta mengisi rencana penggunaan dana sebagai wujud pertanggungjawaban pada donatur.

7. Lanjut Anda akan diminta menuliskan Judul Penggalangan Dana dan upload foto utama penggalangan dana yang akan dijadikan cover atau thumbnail  Kotak Gana Anda, pastikan foto yang dipilih sesuai dengan kriteria. Baca tips dari Rumah Berkat dalam menulis judul penggalangan dana disini.

8. Tahap selanjutnya Anda akan diminta Menceritakan Kronologi Kejadian / detail penggalangan dana yang dibutuhkan ke dalam beberapa tahap, kami menyarankan Anda menceritakan secara jujur dan detail untuk menarik lebih banyak donatur. Tahapan cerita yang harus Anda lengkapi:

  • Ceritakan tentang dirimu dan peranmu dalam penggalangan dana, Anda bisa klik “Lihat Contoh” untuk melihat panduan, bagian ini Anda harus menulis minimal 10 kata.
  • Ceritakan kegiatan rencana penggalangan dana yang akan dilakukan, lokasi penerima manfaat dan kegiatan sehar-harinya, klik “Lihat Contoh” untuk melihat panduan. Lalu, upload foto penggalang dana; atau pendiri, tokoh, serta anggota yayasan yang bertanggungjawab pada Kotak Gana ini.
  • Ceritakan kondisi penerima manfaat yang akan dibantu berupa teknis penyelenggaraan, waktu dan lokasi acara dan dampak yang ingin dihasilkan.
  • Ceritakan usaha yang telah dilakukan untuk penggalang dana dan keadaan ekonomi yang dialami selama melakukan usaha tersebut, di tahap ini Anda juga diminta upload foto keseharian penerima manfaat.
  • Jabarkan dengan detail berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana rencana penggunaannya, klik “Lihat Contoh” untuk panduan penulisan.
  • Dan terakhir, jelaskan kenapa menurut Anda penggalangan dana ini sangat dibutuhkan, Anda diharapkan menulis dengan jujur dan detail pada tahap ini.
  • Di akhir tahap Cerita ini, akan ditampilkan rangkuman kronologis yang telah Anda masukan, Anda masih dapat menyunting cerita di tahap ini.

9. Tahap terakhir, tuliskan ajakanmu untuk berdonasi pada pasien melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb. Baca tips dari Rumah Berkat dalam membagikan penggalangan dana Anda di medsos disini.

10. Rangkuman informasi Penggalangan Dana akan muncul di tahap terakhir, jika sudah tidak ada yang akan diubah, klik “Lanjutkan“, baca terlebih dahulu “Syarat dan Ketentuan“

Anda bisa menyunting target nominal dan lamanya waktu penggalangan dana, foto utama yang menjadi cover dan kolom cerita. Namun, Anda tidak bisa menyunting judul penggalangan dana, maka dari itu kami menyarankan Anda untuk memberi judul penggalangan dana dengan sesuai.

Penggalang Dana adalah peorangan, lembaga, yayasan ataupun organisasi berbadan hukum yang menggunakan platform Rumah Berkat untuk melakukan penggalangan dana dengan tujuan untuk diri sendiri, membantu oranglain atau untuk kepentingan masyarakat luas dan harus dapat bertanggung jawab atas pelaksaan penggalangan dana tersebut.

Rumah Berkat juga memanggil penggalang dana dengan istilah campaigner alias juru kampanye, karena para campaigner bukan sekedar menggalang dana, tetapi juga menyampaikan visi, misi, program dan/atau citra diri atau oranglain, sehingga campaigner haruslah dapat menarik dukungan oranglain agar tercapainya target penggalangan dana.

Kotak Gana yang tersedia di Rumah Berkat memiliki dua jenis, Medis dan Non-Medis, yang masing-masing membutuhkan dokumen atau data pelengkap yang berbeda. Kotak Gana untuk kebutuhan medis mencakupi donasi bantuan biaya rumah sakit, biaya operasinal pasien, biaya penunjang pasien dan biaya pendamping pasien.

Jika Anda membutuhkan donasi untuk keperluan medis, harap mempersiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. Rekening atas nama pasien atau keluarga satu Kartu Keluarga (KK), atau keluarga inti berbeda KK
  2. Dokumen Medis dengan nama penyakit tercantum dengan tulisan diagnosis/diagnosa.
  3. Foto pasien saat beraktivitas bersama keluarga.
  4. Foto pasien sedang sakit, pada tahap ini foto pasien akan mendukung cerita yang Anda tulis.
  5. Foto pasien ketika sakit atau sedang dalam pengobatan, foto ini yang akan dijadikan foto utama di Kotak Gana, maka dari itu pilihlah foto yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • Pasien di foto terlihat jelas dan tajam. Foto tidak menge-blur, tidak buram, dan tidak goyang.
  • Pencahayaan foto yang terang.
  • Pasien di foto tidak terlihat terpotong. Tampak utuh terutama memperlihatkan wajah.
  • Tunjukkan ekspresi wajah pasien di foto.
  • Foto pasien dalam keadaan natural, bukan dalam keadaan berpose ke kamera.

Kotak Gana jenis Non-medis mencakupi bantuan untuk bantuan bencana alam, bantuan pendidikan, kemanusiaan, dll, baca selengkapnya disini. Jika Kotak Gana yang ingin Anda buat adalah jenis Non-medis, maka persiapkan dokumen berikut:

  1. Foto penggalang dana; atau pendiri, tokoh, serta anggota yayasan.
  2. Foto keseharian penerima manfaat.
  3. Rekening atas nama penerima manfaat atau organisasi
  4. Foto utama penerima dana Kotak Gana, foto ini yang akan menjadi foto utama di Kotak Gana, maka dari itu pilihlah foto yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • Foto yang digunakan cocok dengan cerita yang diangkat
  • Foto asli tanpa diedit atau diubah terlalu banyak
  • Foto tidak buram
  • Pencahayaan foto cukup

Judul dalam penggalangan dana menjadi hal paling krusial dan fundamental karena kalimat singkat itu bisa jadi yang akan menentukan seseorang akan berdonasi atau tidak. Jika judul penggalangan dana yang Anda buat menarik hati, maka pembaca akan meneruskan membaca kolom cerita penggalangan dana Anda, jika kolom cerita Anda membuat hati calon donatur tergerak, maka besar kemungkinan calon donatur akan berdonasi pada Kotak Gana Anda. Rumah Berkat akan memberikan tips menulis judul penggalangan dana yang sesuai.

1. Pilih kalimat yang spesifik singkat, padat dan jelas.

Rumah Berkat menyarankan Anda untuk menambahkan informasi nama penerima donasi dan tujuan donasi dibuat, sebagai contoh salah satu penggalangan dana di Rumah Berkat yang mencantumkan nama pasien dan tujuan donasi yang dibuat: https://rumahberkat.com/campaigns/bantu-adik-kaila-sembuh-dari-gerd

Pada contoh penggalangan dana diatas, dapat diketahui nama pasien adalah Kaila dan tujuan donasi dibuat adalah membantu Kaila sembuh dari Gerd (penyakit pencernaan). Judul tersebut telah memenuhi prinsip kalimat yang singkat, padat dan jelas.

2. Gunakan kata sehari-hari yang sering digunakan.

Rumah Berkat menyarankan Anda menggunakan bahasa sehari-hari dalam menulis judul penggalangan dana, tentu dengan pedoman PUEBI dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hindari menggunakan istilah atau majas yang dapat mengaburkan maksud tujuan penggalangan dana Anda, dan gunakan kalimat yang efektif juga efisien.

Misalnya daripada menggunakan kata "Membantu Udin Melawan Kanker Darah", akan lebih efektif jika mengubahnya menjadi "Bantu Udin Lawan Kanker Darah" yang lebih singkat, padat dan jelas seperti tips nomor 1.

3. Posisikan diri Anda sebagai donatur.

Dengan tujuan utama untuk menarik calon donatur berdonasi, maka ketika Anda menulis judul penggalangan dana, posisikan diri Anda sebagai calon donatur, pertanyakan pada diri sendiri "Apakah hati saya tersentuh untuk berdonasi dengan judul Kotak Gana ini?" atau "Apakah judul ini cukup menggetarkan hati saya untuk berdonasi?". Jika Anda masih kurang yakin, suntinglah judul penggalangan dana Anda lagi dan lagi, minta pendapat keluarga atau sahabat untuk mendapatkan kritik dan saran.

4. Tulislah Judul yang dapat dibaca dalam satu tarikan nafas

Dalam konteks menulis judul penggalangan dana Rumah Berkat menyarankan Anda menulis judul yang dapat dibaca dalam satu tarikan nafas atau maksimal 9 (sembilan) kata, hal tersebut agar pembaca atau calon donatur dapat membaca judul secara ringkas dan dapat menentukan akan lanjut membaca kolom cerita atau tidak.

Baca tips menulis judul penggalangan dana secara lengkap disini atau tonton versi videonya disini.

Setelah berhasil membuat penggalangan dana, tugas penggalang dana selanjutnya adalah membagikan halaman penggalangan dananya ke calon donatur. Rumah Berkat menyediakan pilihan share ke berbagai sosial media, seperti Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, LINE dan Telegram, untuk memaksimalkan penyebaran penggalangan dana Anda, simak tips dari Rumah Berkat:

1. Share Foto dan Cerita Penggalangan Dana Anda di Semua Media Sosial

Rumah Berkat telah menyarankan Anda untuk menulis cerita selengkap mungkin dan upload foto sesuai kriteria, kedua hal tersebut menjadi salah satu faktor dari berhasilnya penggalangan dana yang Anda lakukan, dengan cerita yang bagus dan foto yang sesuai, Anda juga akan lebih mudah saat membagikannya ke sosial media.

2. Share Penggalangan Dana Anda Sesuai Karakteristik Media Sosial

Semakin banyak sosial media yang Anda gunakan, maka semakin banyak media penyebaran yang Anda miliki, tetapi perlu Anda ketahui bahwa setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda sehingga jika Anda menggunakannya dengan benar maka hasilnya bisa maksimal.

  • Instagram, media sosial berbasis visual ini tempat yang cocok untuk menaruh foto atau video terbaik dari penggalangan dana Anda buat, instagram juga tidak memiliki batasan caption sehinga Anda bisa menaruh cerita penggalangan dana Anda disini, atau Anda bisa mengunggah di Instagram stories agar dapat dilihat secara cepat oleh followers. Untuk memudahkan calon donatur dalam berdonasi, Anda bisa menaruh link penggalangan dana Anda secara terpisah di bio profil Instagram Anda atau pada Instagram stories.
  • Twitter, media sosial twitter ini memiliki ciri khas sebagai media sosial yang ringkas dan singkat, terlihat dari terbatasnya caption yang tersedia yaitu hanya 280 karakter dan maksimal upload 4 foto dalam satu tweet, tetapi Anda tetap bisa menulis cerita penggalangan dana Anda dengan thread atau rantai tweet yang berurutan, atau menaruh link penggalangan dana Anda disalah satu tweet di thread yang Anda buat.
  • Facebook, sosial media yang serba ada ini menjadi salah satu tempat paling menguntungkan untuk Anda sharing penggalangan dana yang Anda buat, di Facebook Anda bisa upload foto, video, caption tanpa batas, dan link dalam satu postingan. Anda juga dapat share penggalangan dana Anda di berbagai Facebook grup yang relevan.
  • WhatsApp, aplikasi bertukar pesan ini lebih bersifat privat untuk sebagian orang, sehingga Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk share penggalangan dana Anda pada orang terdekat, seperti saudara, tetangga, teman sekolah atau teman komunitas. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari sharing di WhatsApp adalah adanya kredibilitas / kepercayaan oranglain pada penggalangan dana yang Anda buat.

3. Meminta Tolong Teman Reshare Link Penggalangan Dana Anda Untuk memperluas jangkauan dan mencari lebih banyak calon donatur, mintalah tolong teman Anda untuk reshare postingan Anda atau promosikan link penggalangan dana Anda, dengan begitu nantinya relasi dan followers teman Anda juga akan melihat penggalangan Anda, atau Anda bisa mengajak teman-teman Anda menjadi Relawan Gana. 

4. Gunakan Tagar / Hashtag yang Relevan dan Mention influencer Sosial Media

Tagar atau Hashtag lebih populer digunakan di Twitter dan berguna sebagai kata kunci pencarian suatu topik yang banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter, tagar ditulis dengan simbol "#" diikuti oleh kalimat tanpa spasi (contoh #RumahBerkat #BagiBerkat), saat ini tagar juga populer dipakai di Instagram dan Facebook. Tips dari Rumah Berkat adalah gunakanlah tagar yang relevan dengan penggalangan dana Anda, misalnya #GalangDanaOnline #BantuKucingTerlantar #YukDonasi.

Tips selanjutnya dari Rumah Berkat adalah tag dan mention publik figur atau influencer yang relevan dengan penggalangan dana Anda, dengan harapan para publik figur atau influencer yang Anda tag akan mempromosikan penggalangan dana Anda sehingga audiens yang melihat akan lebih banyak

Baca tips share penggalangan dana di media sosial secara lengkap disini atau tonton versi videonya disini.


Tidak perlu, donatur dapat berdonasi tanpa melakukan verifikasi akun, bahkan donatur dapat berdonasi tanpa melakukan pendaftaran akun. 

Berikut langkah berdonasi di Rumahberkat.com:

  1. Silakan buka rumahberkat.com melalui browser HP atau PC Anda, atau unduh aplikasi Rumah Berkat di Playstore dan App Store untuk kemudahan berdonasi.
  2. Rumah Berkat memiliki banyak Kotak Gana yang tersedia dari berbagai kategori donasi, dan Rumah Berkat juga akan merekomendasikan donasi yang bersifat darurat. Pilihlah Kotak Gana yang Anda inginkan, lalu klik “Donasi Sekarang”
  3. Pilih nominal donasi yang ingin Anda lakukan, atau masukan nominal yang Anda inginkan pada kolom yang disediakan.
  4. Setelah memasukan nominal yang diinginkan, Anda akan diminta memilih metode pembayaran yang diinginkan dan juga data diri, tetapi Anda bisa memilih untuk menggunakan fitur Sembunyikan Nama Anda dan donasi tanpa daftar atau masuk akun.
  5. Di tahap selanjutnya Anda dapat menyampaikan doa dan harapan untuk penggalang dana dan/atau pasien, kata-kata semangat dan dukungan batin akan berarti besar untuk pasien, tahap ini bersifat opsional.
  6. Pada tahap akhir donasi, terdapat rangkuman pembayaran berisi metode pembayaran yang dipilih, jumlah donasi dan biaya administrasi bank. Klik “Donasi” dan selesaikan pembayaran, Anda akan dapatkan konfirmasi pembayaran melalui e-mail atau WhatsApp jika donasi telah diverifikasi.
  7. Donatur akan mendapatkan kabar terbaru mengenai donasi yang telah diberikan pada fitur #KabarTerbaru di halaman donasi, Anda dapat memantau penyaluran dana melalui fitur ini.

Anda bisa berdonasi sebagai anonim dengan menyalakan fitur "Sembunyikan Nama Saya" saat di halaman memilih metode pembayaran dan mengisi data diri, nantinya nama Anda akan ditampilkan sebagai Orang Tulus.

Relawan Gana adalah seseorang atau organisasi yang mendukung terhadap suatu Kotak Gana yang dibuat oleh penggalang dana dengan membuat ulang Kotak Gana, dan akan terhubung langsung dengan halaman Kotak Gana utama.

Sebagai contoh Anda ingin membatu teman Anda yang sudah publish galang dana di platform Rumah Berkat, dan Anda berniat menyunting judul atau cerita Kotak Gana teman Anda agar lebih menarik, maka Kotak Gana hasil sunting Anda akan terbentuk (remake) untuk Anda sebarluaskan pada calon donatur.

Jika ingin menjadi Relawan Gana untuk penggalangan dana yang sudah tersedia, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai pengguna dan sudah melakukan verifikasi akun, lalu Anda tinggal memilih Kotak Gana yang ingin dibantu, dan tiga poin ini yang bisa Anda sunting:

  • Judul
  • Target Donasi
  • Deskripsi cerita penggalang dana

Perlu diketahui bahwa donasi yang terkumpul dalam halaman donasi Relawan Gana akan tersalurkan seluruhnya ke Kotak Gana utama.

Relawan Gana tidak dapat mencairkan donasi dari Kotak Gana yang dibuatnya, donasi yang terkumpul nantinya akan langsung disalurkan ke Kotak Gana utama.

Untuk mencairkan dana yang telah terkumpul dari penggalangan dana Anda, Anda harus memastikan akun Anda telah terverifikasi dan telah melengkapi semua dokumen persyaratan. 

Berikut cara mencairkan dana yang telah terkumpul dari  penggalangan dana:

  1. Klik garis tiga di kanan atas untuk membuka halaman “Profile”
  2. Pillih opsi “GANA ku” pada sisi kanan profile Anda.
  3. Pilih halaman galang dana yang ingin dicairkan dengan klik “Cairkan Dana“. Akan ditampilkan rangkuman informasi penggalangan dana yang Anda inginkan, mulai dari Dana yang sudah terkumpul, Dana yang dapat dicairkan, Riwayat pencairan dan Pengajuan pencairan dana.
  4. Masukan nominal pengajuan pencairan pada kolom yang disediakan, nominal tidak bisa lebih dari nominal di kolom “Dana Dapat Dicairkan” dan serta tuliskan Tujuan Penarikan secara detail sebagai laporan pada donatur di fitur Kabar Terbaru.
  5. Tahap selanjutnya Anda akan memilih rekening penerima tempat dana akan dicairkan, disini Anda dapat menambahkan rekening baru atau menggunakan yang telah terdaftar. Klik “Lanjutkan”
  6. Di tahap terakhir, pengajuan pencairan dana akan terangkum dan Anda disarankan membaca terlebih dahulu Informasi Pencair Dana dan mencentang kotak Syarat dan Ketentuan dari Rumah Berkat. Lalu klik “Lanjutkan“.
  7. Pengajuan Proses pencairan Dana Anda diverifikasi oleh Tim Rumah Berkat dalam 2 (dua) hari kerja, dan Anda akan diberi notifikasi jika pencairan telah berhasil.

Untuk prosedur pencairan donasi yang sudah terkumpul dengan mengikuti langkah sebagai berikut :

  • Anda hanya dapat melakukan pencairan dana maksimal Rp.100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) dalam satu kali penarikan ke semua Bank dan Maksimal 3 (tiga) kali penarikan per hari.
  • Pencairan dana akan dikurangi biaya administrasi penyedia aplikasi sebesar 5 (lima) % sesuai ketentuan dan adanya biaya administrasi untuk setiap transaksi pencairan dana dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Pencairan dana dapat melalui bank: BCA.
    Selain dari bank di atas, maka dikenakan biaya administrasi sebesar Rp6.500.​

Donasi yang ada dalam penggalangan dana (Kotak Gana) dapat dialihkan sekali waktu kepada pihak lain, dengan adanya kesepakatan antara penggalang dana, Rumah Berkat atau penerima manfaat, hal tersebut terjadi jika:

  1. Penerima manfaat yang mendapatkan bantuan dari galang dana telah meninggal dunia;
  2. Penerima manfaat yang mendapatkan bantuan dari galang dana telah sembuh atau menolak mendapatkan santunan;
  3. Dana donasi melebihi target yang direncanakan, sebagian dana donasi yang lebih tersebut dapat diberikan kepada pihak lain (dengan persetujuan penggalang dana);
  4. Dana donasi terindikasi hasil dari tindak pidana pencucian uang atau tindak pidana kriminal lainnya;
  5. Penggalang dana terbukti menggunakan sebagian atau seluruh dana donasi tanpa persetujuan penerima manfaat yang bersangkutan;
  6. Status penggalang dana sedang menjalani proses hukum dengan pihak yang berwajib;
  7. Kondisi tertentu yang menurut Kami diperlukan pengalihan dana donasi.

Perlu Diperhatikan bahwa kami berhak menolak pencairan, menyarankan pilihan pencairan dan mengubah secara sepihak pilihan rekening yang sudah terverifikasi (apabila ditemukan melakukan perbuatan yang melanggar syarat dan ketentuan kami). Penolakan, saran, atau perubahan rekening pencairan. Perlu kami sampaikan kembali bahwa sebagai penggalang dana bertanggung jawab atas seluruh informasi yang disampaikan sesuai dengan yang tertera pada halaman galang dana. Setelah donasi disalurkan kepada rekening penerima manfaat, diwajibkan untuk memberikan laporan penggunaan dana yang nantinya.

Dana akan ditransfer ke rekening Anda maksimal 2 hari kerja setelah Rumah Berkat melakukan pengecekan dan verifikasi pengajuan pencairan dana Anda.

Catatan: proses pencairan lebih lama ketika weekend atau hari libur lainnya.

Anda wajib memberikan laporan perkembangan galang dana ditulis sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada donatur dan Rumah Berkat atas donasi yang mereka berikan, melalui fitur "Tulis Timeline" yang terdapat dalam halaman "Cairkan Dana". Nantinya laporan Anda akan muncul di halaman penggalangan dana Anda di fitur #KabarTerbaru.

Kami menyarankan Anda menulis tiga hal ini saat menulis Kabar Terbaru:

  • Ucapan terima kasih kepada donatur.
  • Foto kondisi penerima dana yang terbaru.
  • Rincian penggunaan dana pencairan sebelumnya.
  • Rencana penggunaan dana selanjutnya.

Pencarian Dana dapat diajukan kapan saja selama itu hari kerja dan prosesnya 2 x 24 jam atau 2 (dua) hari kerja. Jika dananya sudah terkumpul, dananya dapat dicarikan.

Setiap kegiatan pengajuan pencairan dana dilakukan, Rumah Berkat akan memverifikasi terlebih dahulu sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, Rumah Berkat membutuhkan waktu maksimal dua (2) hari kerja untuk memutuskan apakah pencairan dana disetujui atau ditolak.

Rumah Berkat berhak menolak pengajuan pencairan dana yang dilakukan. Jika pencairan dana ditolak, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail.

Berikut beberapa alasan pencairan Anda ditolak:

  1. Rencana Penggunaan Dana yang diberikan tidak sesuai.
  2. Penggalang dana tidak melampirkan bukti penggunaan dana dari pencairan dana sebelumnya.
  3. Penggalang dana tidak memberikan Kabar Terbaru melalui menu "Tulis Timeline" dari pencairan dana sebelumnya.
  4. Terindikasi adanya kecurangan atau pelanggaran hukum, hal ini akan ditentukan berdasarkan keputusan tim Internal Rumah Berkat.
  5. Menggalang dana untuk orang lain wajib memasukan nomor rekening penerima manfaat.


Jika pencairan telah berhasil, Rumah Berkat akan memberikan pemberitahuan melalui e-mail. Atau Anda bisa melihat status pencairan dana melalui fitur Riwayat Penarikan.

Riwayat Penarikan dapat dilihat melalui: Profil > GANA ku > Cairkan Dana > Riwayat Penarikan (kanan bawah)

Tiga Status Pencairan Dana:

Berhasil adalah pencairan dana sudah berhasil ditransfer

Diproses adalah pencairan sedang dalam proses. Butuh waktu 2 (dua) hari kerja (proses pencairan lebih lama ketika akhir pekan atau hari libur nasional)

Ditolak adalah pencairan yang dibatalkan proses pencairannya.

Jumlah dana (donasi) yang dapat dicairkan oleh penggalang dana berbeda dengan nominal yang tertera di halaman galang dana (donasi) karena:

  1. Jumlah dana donasi yang terkumpul dan bisa Anda cairkan, sudah dikurangi biaya administrasi penyedia aplikasi sebesar 5 (lima) %.
  2. Terdapat biaya administrasi (admin fee) dari mitra bank dan dompet elektronik yang digunakan sebagai metode pembayaran dan besarannya diatur masing-masing mitra bank. 

Rumah Berkat membuka peluang untuk kolaborasi dengan pihak-pihak lain, baik Perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat / NGO, BUMN, BUMD, Media, Rumah Sakit, Public Figure & Influencer atau siapapun yang memiliki tujuan sama dengan Rumah Berkat yaitu berkontribusi dalam upaya menciptakan kesejahteraan sosial dan menjadi pengaruh baik dengan bersama-sama menyalurkan berkat. Untuk mengajukan kerjasama atau kolaborasi dengan Rumah Berkat Anda dapat menghubungi kami melalui email berikut: [email protected]

Jika Anda mengalami kendala, pertanyaan atau keluhan, Anda dapat menghubungi tim Rumah Berkat melalui:

WhatsApp: +62 821-6789-8889

Email: [email protected]

Instagram: rumahberkatcom

Jam Operational Rumah Berkat :

Senin - Minggu : 09.00 - 22.00 WIB